Senin, 30 Juli 2007

makin tua makin males!!!

dulu waktu kuliah gue masih aktif, pernah ngadain research kecil-kecilan (kayak ilmuwan ngomongin research). semester tuju merupakan semester-semester mahasiswa males kuliah. karena disemester terakhir gini, mahasiswa udah kenyang banget kuliah. udah bosen banget ama kuliah. apalagi anak2 kelasku, yang mayorias anaknya lebih suka langsung praktek dari pada teori.

research ini gue lakuin pada dosen yang sama, kuliah yang sama, mahasiswa yang sama dan media yang beda. mata kuliah yang gue mabil buat research ini adalah Ilmu Nutrisi Ternak Unggas (karna gue jurusan peternakan). dengan jumlah mahasiswa 28 orang, tiga cewek diantaranya dan sisanya pasti cowok semua.

nah research ini bertujuan untuk mengetahui berapa persen sih perhatian mahasiswa terhadap keterangan dosen?

research yang pertama gue lakuin, waktu kuliah dikalas (teori)
  1. 55 % mahasiswa coret-coret buku catetannya nggak jelas (bukan materi kuliah). diperkirakan karena ngantuk. tersangka cowok semua.
  2. 5 % ngobrol sendiri sama temen sebelah dengan media apapun. ex, sms manual (pake kertas) – termasuk juga gue. tersangka, dua orang cewek.
  3. 15 % ngobrol sendiri sama temen sebelah –langsung- tanpa media apapun. terbukti ampe cekikikan sendiri. tersangka cowok.
  4. 15 % diam, pura-pura merhatiin, kemungkinan besar nglamun (badan dikalas otak melayang). tersangka cowok.
  5. 10 % merhatiin banget. terbukti meraka sempet tanya. walopun nggak ampe terjadi perdebatan. tersangka, satu cewek dan yang laen cowok.

factor.

  1. jam masuk kuliah yang udah siang (13.00-14.20)
  2. dosen yang kurang menyenangkan (nggak bisa bercanda/bercandanya garing)
  3. materi yang diberikan kurang spesifik

research yang kedua atau yang terakir aku lakuin di lab (praktek)

  1. 62 % mahasiswa memperhatikan keterangan instruktur (dosen mata kuliah) dan asisten. terbukti mencatat. tersangka semua cewek dan sebagian lebih dikit cowok.
  2. 25 %, sibuk nyiapin peralatan praktek. tersangka cowok semua.
  3. 13 %, nggak jelas ngapain aja. terbukti nggak ada apapun yang dia lakukan. tersangka cowok, temen2 gue yang paling moloor.

factor. praktek yang menyenangkan dengan materi yang spesifik.

ok, itu gue lakuin hanya dalam sekali pertemuan kuliah dan sekali pertemuan praktek pada awal perkuliahan semester tuju. research ini emang kecil. nggak make peralatan apapun. Cuma melalui pandanga gue aja. jangan sampe dosen yang ngajar tahu, nilai gue bisa diubah jadi E. ini Cuma mean-maen. sebagai aktifitas dikelas dari pada nggak ngapangapain. bisa jadi masukan juga bagi calon maupun tenaga pengajar yang baca tulisan ini. ngajarnya jangan monoton. mahasiswa ato murit lebih suka pengajar yang lucu, santaei tapi serius. gue juga pernah ngajar, walopun cuman pelatihan beberapa munggu buat mahasiswa baru.

good luck

……………..

semangat ‘N always smile :)

Tidak ada komentar: